Rabu, 04 April 2012

Panti Wredha "SULTAN FATAH", Demak - MENU MAKAN MINUM (mamim) UNTUK MENUJU LANSIA HIDUP SEHAT

Bagi orang-orang yang telah berusia 60 Tahun atau lebih dan dalam kondisi sehat-sehat saja, dan tidak diberlakukan pantangan dalam hal makan dan minum. Adapun yang diartikan sehat-sehat saja, adalah orang yang secara teratur, sekurang-kurangnya sekali dalam setahun memeriksakan kesehatannya (general check up) dengan hasil yang memuaskan.

Tetapi pada umumnya orang tua-tua sudah banyak belajar dari pengalaman dan karena sudah dapat mengendalikan nafsu untuk menghindari bertindak secara berlebihan, meskipun yang dihadapinya adalah makanan dan minuman kesukaaan (favorit).
Maka cukuplah baginya bila rasa lapar sudah dipuaskan, dan tentunya ia selalu memperhatikan bahwa makananya bergizi, cukup mengandung protein, kurang atau sama sekali tidak berlemak (jadi tidak banyak goreng-gorengan), dan tidak terlalu asin ataupun terlalu pedas.
Adapun untuk orang yang sudah lanjut usia, makan daging sebaiknya dikurangi sebab ia sudah kurang bergiat dan kecepatan pertumbuhan sudah lebih lambat. Oleh karena itu, ia hanya memerlukan sedikit kalori. Contoh saja, ikan segar yang direbus atau dipepes, sangat baik sekali jika di konsumsi oleh seorang lanjut usia.
Demikian pula jika menghendaki tambahan bahan makanan yang memiliki berbagai vitamin dan mineral sebaiknya minta nasihat dokter terlebih dahulu, sebab jika hanya  percaya pada semua iklan (advertensi) maka yang dipromosikan begitu berkhasiat, bahkan sangat berlebihan, sehingga bagi orang yang kurang informed tentu saja ingin membeli dan makan segala macam vitamin yang sebenarnya hal itu tidak perlu menurut ilmu kedokteran.
Sebuah petunjuk praktis tentang hal makanan, bagi orang yang senantiasa bersyukur pada Allah SWT. atas makanan yang tersedia baginya, maka setiap kali ia makan akan menyadarkan dirinya akan kegunaan makanan itu. Hal ini menyebabkan ia bisa menerima makanannya secara baik-baik sehingga membantu pencernaan dan meningkatkan manfaatnya.
Sedangkan dampak negative dari menu dan porsi makan  yang kurang seimbang dapat menimbulkan badan terlalu berat, karena menurut ilmu kedokteran bila ada  orang yang memiliki badan terlalu berat, artinya berat badan tidak sebanding dengan tinggi badanya, maka sebaiknya harus berusaha mengurangi berat badannya. Cara yang baik hendaknya mengikuti nasihat dokter, tetapi umumnya harus melalui proses tahap demi tahap (kalau bagi seorang bayi ada tabel khusus dari dokter ahli  penyakit anak).Manfaat yang dapat dirasakan, jika mengurangi berat badan ialah bisa mencegah kerja jantung yang berlebihan, artinya jantung tidak bekerja terlalu keras.
Di Negara Indonesia, telah memiliki kebiasaan jadwal makan secara teratur, yaitu 3 (tiga) kali sehari (pagi, siang dan malam). Bagi manusia lanjut usia, dianjurkan makan di atur sebanyak 5 (lima) kali dalam sehari, dengan batasan menu dan porsi yang telah terukur, atau mintalah nasihat dari ahli Gizi. Contoh jadwal makan untuk orang lanjut usia (lansia) sehat dalam sehari, sebagai berikut :

JADWAL dan MENU MAKAN
H a r i
Pagi

Makanan tambahan
( 09.00 – 10.00)
06.30 – 07.00
1.
2.
3.
SENIN
Nasi putih
Bubur Kacang hijau

Oseng-oseng kacang panjang


Telur dadar


Tempe goreng


Teh manis


Buah pisang


JADWAL dan MENU MAKAN

H a r i
Siang

Makanan tambahan
( 15.00 – 16.00)
12.00 – 12.30
1.
2.
3.
SENIN
Nasi putih
Snack

Opor ayam


Telur dadar


Tempe goreng


Air putih


Buah pepaya



JADWAL dan MENU MAKAN
H A R I
MALAM

Makanan tambahan
( 15.00 – 16.00)
18.30 – 21.30
1.
2.
3.
senin
Sayur lodeh
Snack

Ayam goreng


Tempe bacem


Teh manis


Buah mangga


KETERANGAN :

·         Siklus menu makan bisa di buat per minggu atau per bulan ;
·         Minuman air putih harus di sediakan setiap hari ;
·         Bagi yang sedang mengalami sakit, menu makan bisa di sesuaikan.
Dalam hal minum harus selalu diingat bahwa tubuh manusia tidak boleh mengalami pergantian suhu yang mencolok secara sekonyong-konyong. Oleh karena itu, bila badan masih hangat karena baru selesai berolah raga, jangan langsung minum air es atau minum lain yang dingin sekali. Masih untung kalau akibatnya hanya merasa perut kembung, adakalanya timbul akibat mual dan ingin muntah yang disertai kepala pusing.
Minuman yang asam atau yang berbuih karena mengandung soda, hal ini dapat merusak lambung (maag) jika sering diminum. Bagi orang yang mengidap penyakit kencing manis, minuman dan juga bahan makanan yang manis merupakan tabu. Kita sudah mengetahui bahwa minuman alcohol dalam badan tidak langsung terasa karena memang memanaskan badan. Inilah sebabnya orang-orang di daerah dingin lebih “kuat”, minum minuman demikian juga bisa merusak hati (lever) dan jantung.
Bagi mereka yang menderita penyakit jantung atau tekanan darah tinggi, alkohol dapat mempercepat kematian. Bagi penderita demikian minuman kopi, sangat berbahaya walaupun agak kurang dibanding alcohol, sebab minuman kopi, antara lain merangsang kelenjar adrenal sehingga mempergiat kegiatan jantung dan tekanan darah.
Selamat mencoba,semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca yang budiman.
==========================
Demak,      04  April  2012   , Jam : 23.45 WIB
-Diposting oleh : BRAM IRIANTO.
-E-mai : iriantobram5757@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar