Senin, 03 Juni 2013

Panti Wredha "SULTAN FATAH", Demak - SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA UPTD PANTI WREDHA “SULTAN FATAH” DEMAK



(Usia gedung sudah mencapai 60 tahun lebih)
Kantor dan Asrama







Berdirinya Panti Wredha “SULTAN FATAH”, secara resmi adalah sejak Tahun 2000 yang lalu, dan statusnya telah jelas karena telah mendapatkan pengakuan secara resmi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Demak, yaitu ditetapkan sebagai Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dari Dinas Kesejahteraan Sosial Kabupaten Demak, yang secara spesifik bertugas menangani langsung manusia lanjut usia terlantar dengan system Panti.


Dalam hal ini , berdasarkan Peraturan Daerah Nomor : 8 Tahun 2000 tentang Pembentukan Susunan Organisasi dan Tata kerja Dinas Kesejahteraan Sosial Kabupaten Demak.

Namun demikian, Panti tersebut mulai dioperasionalkan secara nyata pada tanggal 01 April 2005 yang lalu, dengan jumlah klien sebanyak 15 (lima belas) orang, seluruhnya berjenis kelamin wanita, bertempat di gedung bekas Kantor Pembantu Bupati Wilayah Demak (ex. Kawedanan Demak) dan sekaligus diperuntukan sebagai Wisma/Asrama Panti , dengan alamat resminya di Jalan Kawedanan/Gang Semboja, Nomor : 28, RT.06/RW. VII, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Propinsi Jawa Tengah, INDONESIA ( Kode Pos : 59511). 

Kegiatan Upacara 17 Agustus 2012




Idea atau gagasan mendirikan Panti tersebut, muncul dari para staf Dinas Kesejahteraan Sosial Kabupaten Demak, yang telah dirintis sejah Tahun 2000, yang lalu dengan pertimbangan bahwa pembinaan kepada Lanjut Usia terlantar melalui system pelayanan dalam panti merupakan suatu system/metoda/cara-cara tertentu, terorganisir, melembaga dan berlandaskan pada ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna sehingga diharapakan mampu memberikan hasil guna, daya guna, effektif dan effisien.

Diharapkan bahwa pelayanan kepada lanjut usia terlantar dengan system panti dapat berjalan optimal, sehingga dalam pembinaannya bisa lebih terarah,  komprehensif (terpadu), sistematis, dan para lansia yang tinggal dan hidup di dalam panti, dalam menghabiskan sisa-sisa hidupnya senantiasa diliputi rasa bahagia, sejahtera lahir maupun batin.

Namun demikian yang perlu digaris bawahi, bahwa keberhasilan pelayanan Panti Wredha “SULTAN FATAH”, Kabupaten Demak, dapat berhasil baik dan sukses, apabila mendapat dukungan sepenuhnya dari seluruh masyarakat, Lembaga, Organisasai, lembaga swasta maupun Pemerintah Indonesia.

====================

Salam Action,

BRAM IRIANTO.

1 komentar:

  1. Panti Wredha Sultan Fatah semoga selalu tetap eksis, bagi segenap pengelolanya selamat mengabdi dengan penuh kesabaran. Kita menunggu giliran menjadi lansia.

    BalasHapus